Thursday, August 14, 2014

Solusi Lampu Indikator Ethernet pada Mikrotik RB750 Mati

Setting Mikrotik RB750 Series ???

Rencana mau setting ulang Mikrotik RB750 Series , tapi setelah mikrotik yang mau saya setting beberapa minggu ga di pake dan cuma saya taruh di kardusnya . Ternyata semua lampu indicator ethernet nya ga mau nyala padahal lampu indicator power nya hidup . Sempet binging juga nih mikir apanya yang rusak, apa tuh ethernet nya ato kabel yag menghubungkan lampu indicatornya ato malah mikrotiknya yang uda rusak , :/

Solusi nyaa :

1. Reset Konfigurasi Mikrotik
>> Jika kita masih ingat IP yang kita setting pada Mikrotik lebih baik kita reset konfigurasi melalui Winbox karena jika kita mereset secara manual lebih riskan akan kerusakan .
 a. Cara reset melalui winbox
Samakan IP Laptop/Komputer dengan IP mikrotik agar menjadi satu subnetting / network . Buka winbox > Lakukan Neighbour > Klik pada MAC Address > Username : admin Password : "kosong" > Klik Connect > Klik Menu System > Pilih Reset Configuration > Beri checklist pada semua pilihan > Klik Reset Configuration

>> Jika sudah lupa dengan IP Mikrotik yang sudah pernah di setting seperti pengalaman saya saat ini . Lakukan reset secara manual :
b. Cara reset secara manual :
Pertama cari dulu jarum atau bolpoin, atau kalo ga ada pinjem tetangga sebelah sebentar deh .
Tancapkan kabel power mikrotik ke stopkontak eeiitss tapi jangan di tancapkan ke mikrotik nya dulu loo yaa
Kemudian tekan tombol reset dengan jarum atau bolpoin tersebut.
Nahh baru sekarang boleh di kabel power ke mikrotiknya
Tunggu dulu sebentar hingga led power sama ethernet kedip-kedip dan menyala stabil kembali.
Lepaskan jarum/bolpoin nya.
Lepaskan power dari mikrotik biarkan dia bernapas sebentar
Tancapkan lagi kabel power ke mikrotik
Dan horree hasilnya lampu indicator ethernet mikrotik saya kembali menyala dan lancar jaya !!

7 comments:

3D modeling Coffee Table Lobby Lounge said...

ya membantu ane yg lagi kebingungan. thx

Tips & Trick said...

thx sangat membantu..
tapi lampu indikator ane masih mati...
ada solusi lain..?

belajar said...

trims gan....
tp masalah ane sama seperti yang di atas ane, lampu indikator ethernet masi koid....
ada solusi lain gan???

Unknown said...

tolong dong router board mikrotik ane tp link nya ga kedip ga konek internetnya.,. mohon pencerahanya.,,..,thx sblmnya gan

radenqowim said...

punya ane yang mati ethernetnya, lampu deketnya led power nyala terus

Unknown said...

netinstall gan, up os nya juga lebih bagus, setelah itu konfigurasi ulang lagi.. klo ada setingan penting, backup dulu... klo uda, colokkan lagi ethernet ny lalu lihat lampunya gan.. lihat di interface status ether ny.. mungkin juga disable ethernya... moga membantu...

mardani said...

gan cara benerin kalau port ether 1 matinya gimana, kalau pake netinstal gak bisa selain pake port 1. RB 750