Saturday, June 28, 2014

Cara Installasi WINE Windows Program Loader pada UBUNTU 14.04

Wine adalah aplikasi perangkat lunak bebas dan open source yang bertujuan untuk memungkinkan aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows untuk berjalan pada sistem operasi Unix-like. Wine juga menyediakan perpustakaan software, yang dikenal sebagai Winelib, terhadap yang pengembang dapat mengkompilasi aplikasi Windows untuk membantu pelabuhan mereka untuk sistem Unix-like.

Wine adalah lapisan kompatibilitas. Duplikat fungsi Windows dengan menyediakan implementasi alternatif dari DLL yang memanggil program Windows, dan proses untuk menggantikan kernel Windows NT. Metode ini duplikasi berbeda dari metode lain yang mungkin juga dianggap emulasi, di mana program Windows berjalan dalam mesin virtual. Wine ini sebagian besar ditulis menggunakan pengujian black-box reverse engineering, untuk menghindari masalah hak cipta.

Nama Wine awalnya adalah singkatan untuk Windows emulator. Maknanya kemudian bergeser ke backronym rekursif, Wine bukanlah emulator untuk membedakan perangkat lunak dari emulator CPU. Sementara nama kadang-kadang muncul dalam bentuk WINE dan anggur, pengembang proyek telah sepakat untuk membakukan pada form Wine.

Ungkapan "anggur bukanlah emulator" adalah referensi untuk fakta bahwa tidak ada kode prosesor eksekusi emulasi terjadi ketika menjalankan aplikasi Windows dengan menggunakan Wine. "Emulation" biasanya merujuk pada pelaksanaan kode dikompilasi ditujukan untuk satu prosesor (seperti x86) dengan menafsirkan / mengkompilasi ulang perangkat lunak yang berjalan pada prosesor yang berbeda (seperti PowerPC). Emulasi tersebut hampir selalu jauh lebih lambat dibandingkan eksekusi kode yang sama dengan prosesor yang kode dikompilasi. Dalam Wine, disusun kode x86 aplikasi Windows yang berjalan pada kecepatan asli penuh pada prosesor x86 komputer, seperti halnya ketika berjalan di bawah Windows. Layanan sistem Windows juga disediakan oleh Wine, dalam bentuk wineserver.

Dalam sebuah survei tahun 2007 oleh desktoplinux.com dari 38.500 pengguna desktop Linux, 31,5% responden melaporkan menggunakan Wine untuk menjalankan aplikasi Windows. Pluralitas ini lebih besar dari semua program virtualisasi x86 gabungan, serta lebih besar dari 27,9% yang melaporkan tidak menjalankan aplikasi Window.


Fungsi Wine :

  • Menginstalasi Aplikasi Microsoft Office . 
  • Menginstalasi Game ,seperti plans vs zombie ,dll 
  • Menjalankan aplikasi ekstensi .exe dll

Cara menginstall WINE :

  1. Melalui Terminal 
  • Masuk sebagai root  
                 => # sudo du



                => Masukkan password



                 => Ketikkan perintah # apt-get install wine
                       Untuk menginstall wine tunggu hingga proses selesai.


2. Melalui Ubuntu Software Center

  • Masuk ke Ubuntu Software Center dengan icon A berwarna orange pada dastboard
  •  Pada kotak pencarian ketikkan kata kunci wine 

  • Klik Wine Windows Loader dengan icon segelas minuman anggur  lalu klik install.




  • Masukkan password anda lalu klik Authenticate.
     

     
     
    • Maka prosses akan berlangsung dan tunggu hingga selesai. 
     



[ sumber : belajar bersama ]

No comments: