Wednesday, July 2, 2014

Cara Menghitung Ketinggian Antena

1. Install terlebih dahulu GDebi Package installer yang berfungsi untuk mempermudah penginstalan ekstensi .deb . Buka Ubuntu Software Center > Ketikkan GDebi pada kotak pencarian > Klik Install


 2. Copy atau download file GoogleEarth yang berekstensi .deb > Klik kanan > Open With > pilih GDebi Package Installer > pilih Install Package> Masukkkan password > Tunggu hingga proses selesai.

3.  Setelah selesai kemudian masuk ke aplikasi Google Earth yang telah terinstall . Di bawah ini adalah tampilan awal dari aplikasi Google Earth .


4. Ketik nama daerah yang akan di tandai misal Klaten , Central Java > Search > Cari letak lokasi yang akan di tandai misal BLC TELKOM KLATEN .
5. Tandai tempat lokasi dengan klik icon Add Place Mark yang di simbolkan dengan gambar paku warna kuning . Beri nama pada kotak Name , msal BLC TELKOM KLATEN kemudian copy Nama lokasi dan Latitude dan Longitude pada kotak description > ok .
 

6. Ulangi langkah 4 dan 5 menandai tempat misal tujuan kita ke sekolah saya SMK KRISTEN 5 KLATEN .

7. Klik icon Ruler yang di simbolkan dengan gambar penggaris untuk mengetahui jarak antara tempat dari kita berada hingga ke tujuan . Misal pada praktek kali ini dari BLC TELKOM KLATEN ke SMK KRISTEN 5 KLATEN . Ganti satuan Map Length dari centimeters ke kilometers > Catat terlebih dahulu pada Text editor hasil dari perhitungan dari Map Length , Ground Length dan Heading  > Save

8. Pada kotak Name ketikkan BLC TELKOM KLATEN to SMK KRISTEN 5 KLATEN . Pada kotak Description > Paste dari hasil catatan hasil perhitungan Map Length < Ground Length dan Heading dari Text Editor > Ok 
   

9. Pada Temporary Places akan ada Link BLC TELKOM KLATEN to SMK KRISTEN 5 KLATEN yang telah kita buat tadi . Klik kanan > pilih Show Elevation Profile untuk mengetahui tinggi halangan dari BLC TELKOM KLATEN ke SMK KRISTEN 5 KLATEN . 


10.  Untuk menghitung tinggi antena gunakan aplikasi bantu yang ada di http://mikrotik.co.id/ . Pilih Aplikasi Bantu > Klik Perhitungan Ketinggian Antena ( Tower ) 

Masukkan nilai parameter berikut ini
Frekuensi : 2400 Mhz ( Frekuensi alat yang di gunakan )
Jarak : 0.59 km ( Jarak dari BLC ke Krisma )
Asumsi Tinggi Penghalang Rata-Rata : 12 meter  ( Tinggi penghalang rata-rata dari BLC ke Krisma misal : Gedung , Pohon , Bangunan bertingkat dll )
 >> Klik Hitung



hasil perhitungan dengan frekuensi 2400 Mhz 

Jari-jari Fresnel Zone : 4.29 meter
80 % fresnel zone : 3.44 meter
Tinggi lengkung bumi : 0.01 meter
Tinggi antena minimum yang disarankan : 15.44 meter



hasil perhitungan dengan frekuensi 5800 Mhz


Jari-jari Fresnel Zone : 2.76 meter
80 % fresnel zone : 2.21 meter
Tinggi lengkung bumi : 0.01 meter
Tinggi antena minimum yang disarankan : 14.22 meter


[ sumber : praktek bersama ]

No comments: